Mengenal Jenis Kemasan pada Desain Produk Makanan

Mengenal Jenis Kemasan pada Desain Produk Makanan

Ketika menciptakan desain untuk kemasan makanan, tentu Anda tidak bisa membuatnya begitu saja. Kemasan produk yang tidak sesuai dengan jenis makanan yang dibuat, bukan hanya akan mengacaukan makanan itu sendiri, tapi juga bisnis Anda ke depannya. Supaya bisnis makanan Anda lancar, tidak ada salahnya untuk mengenal beberapa jenis kemasan makanan yang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Contohnya seperti hal-hal berikut, yang ini patut menjadi pertimbangan dalam desain produk makanan yang ingin Anda ciptakan, terutama produk makanan kemasan.

  1. Jenis Kemasan Berdasarkan Pemakaian

Kemasan makanan biasanya dibuat sekali pakai. Contohnya adalah makanan basah atau sejenis snack yang menggunakan wadah plastik, karton, atau pun daun. Dikarenakan sifatnya yang sekali pakai, maka setelah digunakan untuk membungkus makanan tersebut, kemasan akan langsung dibuang. Berbeda lagi dengan kemasan yang terkadang terbuat dari alumunium, kaca, atau plastik jenis tertentu, biasanya setelah digunakan pun bisa dibersihkan dan dipakai lagi oleh konsumen. Contohnya, kemasan alumunium biskuit, air mineral dalam botol, dan sejenisnya. Bahkan, wadah tersebut bisa dijual kembali untuk didaur ulang.

  1. Jenis Kemasan Berdasarkan Struktur

Kemasan berdasarkan struktur biasanya dibagi ke dalam tiga jenis, yaitu kemasan primer, sekunder, dan tersier. Biasa digunakan untuk makanan dengan bungkus berlapis-lapis. Misalnya, dalam satu besar kotak biskuit, di dalamnya terdapat biskuit yang juga terbungkus plastik. Atau produk coklat yang biasanya dibungkus dengan dua lapis kertas.

  1. Jenis Kemasan Berdasarkan Material yang Digunakan

Material pada sebuah kemasan makanan juga sering menjadi perhatian khusus bagi pelanggan. Ada kemasan dari material yang ramah lingkungan, ada juga yang tidak. Semakin solid bahan kemasan, biasanya semakin tahan lama makanan di dalamnya. Tidak heran jika dari material yang digunakan pun, bisa memengaruhi harga jual makanan tersebut.

  1. Jenis Kemasan Berdasarkan Kesiapannya

Ada kemasan yang memang bisa langsung digunakan, ada juga kemasan yang perlu dirakit atau diberi perlakuan khusus sebelum bisa digunakan. Contohnya saja botol kemasan, bisa langsung tinggal dimasukkan minuman ke dalamnya. Sedangkan kemasan dari kardus untuk membungkus nasi, harus dirakit terlebih dulu untuk bisa digunakan.

Share