Karya Ilmiah Tentang Kesehatan, Apa Bedanya?

Karya Ilmiah Tentang Kesehatan, Apa Bedanya?

Karya ilmiah adalah sebuah laporan tertulis yang memaparkan hasil dari sebuah penelitian atau pengkajian yang dilakukan oleh mahasiswa atau dosen baik individu atau team yang nantinya akan diterbitkan. Topik kesehatan merupakan topik hangat yang sering diangkat dalam karya ilmiah. Dunia kesehatan sendiri berkembang dengan cepat baik dari segi teknik, ilmu, bahkan penyakit. Karya ilmiah tentang kesehatan sedang hangat berbicara mengenai pandemi COVID-19.

Karya Tulis Ilmiah Kesehatan : Pengertian, Fungsi dan Sistematika

  1. Pengertian Karya Ilmiah

Menulis merupakan aktifitas yang dapat menciptakan gagasan dalam sebuah teks bentuk lembaran. Dari kegiatan ini dapat dihasilkan tiga jenis karya yaitu karya tulis ilmiah, karya non-ilmiah dan karya tulis ilmiah populer.

Karya tulis ilmiah adalah tulisan dalam bentuk lembaran yang menjelaskan mengenai sebuah topik dengan didukung data valid dan akurat hasil penelitian. Karya ilmiah ditulis menggunakan susunan, kaidah dan pedoman penulisan yang baik dan benar. Semua jenis ini memiliki susunan komponen dan bahasa yang berbeda. Namun pada dasarnya memiliki satu tujuan yaitu menjelaskan topik berdasarkan data hasil penelitian kepada pembaca.

  1. Fungsi Karya Ilmiah

Selain menjadi bacaan, karya ilmiah juga memiliki fungsi lain yaitu :

  • Sebagai Penjelas : karya ilmiah yang dibuat harus menjelaskan suatu permasalahan dengan baik melalui susunan sistematika yang sesuai dengan kaidah kepada pembaca. Sama juga dengan karya ilmiah tentang kesehatan.

  • Sebagai Prediksi : dalam karya tulis ilmiah, terkadang mengangkt topik yang berlum pernah dibahas atau diteliti. Hal ini biasanya diteliti atau diangkat oleh penulis dalam bidang kesehatan, alam, dan teknologi.

  • Sebagai Kontrol : kontrol yang dimaksud mengarah pada argumemen atau penelitian yang dilakukan. Hal ini bertujuan untuk mengechek ulang hasil penelitian tersebut memiliki data yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

  1. Sistematika Karya Ilmiah

Sistematika karya ilmiah tentang kesehatan sama dengan karya tulis ilmiah bidang lainnya. Secara garis besar, sistematika karya ilmiah terbagi menjadi tiga bagian, yaitu:

  • Bagian Awal : terdiri dari 12 unsur yaitu sampul depan, lembar judul, lembar penjelasan, lembar pengesahan, lembar pernyataan, satu lembar kata pengantar, satu lembar abstrak Bahasa Indonesia, satu lembar abstrak Bahasa Inggris, lembar daftar isi, lembar daftar tabel, lembar gambar dan lembar daftar lampiran

  • Bagian Inti : terdiri dari lima unsur yaitu latar belakang, tinjauan pustaka, materi dan metode penelitian, hasil dan pembahasan, serta kesimpulan dan saran

  • Bagian Akhir : terdiri dari 3 unsur yaitu daftar pustaka, lampiran dan riwayat hidup

Karya ilmiah tentang kesehatan adalah karya tulis ilmiah yang disusun berdasarkan kaidah pedoman yang berlaku. Secara umum, susunannya sama. Yang membedakan hanya topik atau tema yang dibahas dalam tulisan tersebut. Semoga informasi yang kami jelaskan bermanfaat!.

Share