Karya Ilmiah Populer : Pengertian dan Karakteristiknya

Karya Ilmiah Populer : Pengertian dan Karakteristiknya

Karya tulis ilmiah adalah kata yang sudah tidak asing dalam dunia akademisi. Karya ini merupakan karangan yang tersusun secara sistematik dengan mengacu pada kaidah dan pedoman penulisan karya tulis ilmiah. Ini akan sangat berbeda dengan karya ilmiah populer. Titik perbedaan antara keduanya terletak pada penggunaan bahasa untuk penyampaiannya. Karya populer cenderung menggunakan teks dengan bahasa yang mudah dipahami, luwes dan komunikatif. Untuk lebih memahami karya populer, simak artikel berikut!.

Pengertian Karya Ilmiah Populer

Populer dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti dikenal atau disukai oleh banyak orang atau bersifat umum. Istilah ini merujuk pada penggunaan bahasa yang relatif lebih santai, mudah dipahami dan dicerna oleh pembacaya yang memiliki interpretasi yang beragam.

Karya ilmiah populer sendiri memiliki arti yaitu karta tulis yang berpegang pada standar,kaidah dan pedoman ilmiah namun ditampilkan dengan menggunakan bahasa yang bersifat umum sehingga mudah untuk dipahami oleh masyrakat awam. Karya ini ditampilkan dengan menggunakan layout yang menarik sehingga menumbuhkan minta baca yang lebih tinggi pada masyarakat. Karya tulis ilmiah populer ditulis atau diciptakan dengan cara mengutip dan meramu informasi dari berbagai karya tulisan orang lain daripada menulis tekst secara murni menggunakan gagasan, pernyataan atau pendapat sendiri. Meskipun karya ini mungkin akan merduksi kata ilmiah di dalamnya, namun karya populer ini dapat menggambarkan tangungjawab penulis jasa content writer secara ilmiah dengan mencantumkan sumber rujukan pada tulisannya.

Karakteristik Karya Tulis Ilmiah Populer

  1. Judul yang digunakan harus informatif. Judul ditulis dengan menggunakan susunan bahasa yang sederhana dengan tujuan makna dari judul tersebut mudah ditangkap dan dipahami oleh pembaca.

  2. Teks atau tulisan dalam karya ilmiah populer disajikan secara deskriptif dan argumentatif. Pengunaan bahasa yang sederhana dan menarik akan menciptakan suasana yang santai namun gagasan didalamnya tetap tersampikan dengan baik.

  3. Karya tulis ilmiah populer disajikan menggunakan bahasa yang populer di kalangan masyarakat. Hal ini memiliki arti bawah bahasa yang digunakan untuk menyampaikan gagasan tidak harus terlalu ilmiah, lebih merujuk pada pengunaan bahasa yang sederhana, komunikatif dan infromatif.

  4. Gagasan yang dicantumkan dalam karya ini tidak menimbulkan terjadi pernyataan yang membuat pembaca bertanya atau kebingungan.

  5. Tulisan mengenai gagasan diutaran dalam bentuk cerita dengan penggabungan sumber dari kutipan orang lain sebagai bukti nyata pendukung.

  6. Karya ilmiah populer disajikan dengan menggunakan layout yang menarik sehingga menumbuhkan daya baca dan senang yang tinggi bagi pembaca.

Karya ilmiah populer memang berbeda dengan karya tulis ilmiah karena penggunaan bahasa dan layout yang lebih sederhana yang dapat menarik dan membantu pembaca cepat memahami gagasan. Kedua karya ini masih memiliki nilai yang bersifat ilmiah namun disajikan dengan ciri khasnya masing-masing. Semoga informasi diatas dapat membantu!.

Share