2 Cara Melihat Statistik Pengunjung Website Sendiri

2 Cara Melihat Statistik Pengunjung Website Sendiri

Cara melihat statistik pengunjung website milik sendiri memang lebih mudah dilakukan dengan menggunakan tools. Namun, bagaimana jika tidak memiliki biaya lebih untuk berlangganan tools? Tenang saja karena Anda bisa menggunakan cPanel dan Google Analytics.

Sebelum itu, Anda harus tahu bagaimana caranya, Anda harus tahu lebih dahulu, mengapa harus cek trafik? Salah satu alasannya adalah untuk mendapatkan penghasilan dari website.

Apa hubungannya? Jika website Anda memiliki trafik yang tinggi, maka Anda bisa mengubahnya menjadi website penghasil uang. Misalnya dengan menambahkan adsense, kerjasama untuk review, berjualan hingga affiliasi.

Cara Praktis Melihat Statistik Website

Lalu, bagaimana cara mengecek jumlah pengunjung dan statistiknya? Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda bisa menggunakan 2 cara yaitu cPanel dan Google Analytics.

  • cPanel
2 Cara Melihat Statistik Pengunjung Website Sendiri
2 Cara Melihat Statistik Pengunjung Website Sendiri

Jika Anda menggunakan website berbayar dan memiliki hosting sendiri, maka Anda bisa menggunakan cPanel untuk tahu pengunjung situs.

Ada beberapa cara untuk cek pengunjung website dengan cPanel. Pertama adalah dengan menggunakan visitor dan awstats. Kedua cara tersebut ada di bagian metrics.

Jadi, untuk mengecek visitor dengan cPanel, maka Anda harus masuk dulu ke cPanel lalu lihat di menu metrics.

Untuk pengecekan dengan visitors, pilih visitor lalu klik view di bagian domain yang ingin Anda cek, klik view. Nantinya, di menu visitor akan muncul IP pengakses, waktu mengakses, URL, ukuran yang diakses, browser yang digunakan.

Selain visitors, Anda bisa menggunakan Awstats. Caranya:

  1. Masuk ke cPanel > metrics > awstats.
  2. Pilih video di bagian domain yang ingin Anda cek.

Nantinya, akan ada data mengenai jumlah unique visitors, page, number of visits, hits, pengunjung per bulan, per hari. Anda juga bisa mendapatkan data statistic pengunjung berdasarkan pada negara, browser yang digunakan hingga url yang paling banyak dikunjungi.

  • Google Analytics

Google Analytics ini adalah tools yang disediakan khusus oleh google untuk para pemilik blog. Tools ini dilengkapi dengan banyak fitur dan salah satunya adalah untuk mengecek pengunjung website.

Cara melihat statistik pengunjung website dengan Google Analytics bisa dilakukan dengan tahapan berikut:

  1. Pastikan Anda sudah memiliki akun Google Analytics terlebih dahulu.
  2. Klik realtime > overview. Di bagian ini, Anda bisa melihat metric realtime statistic pengunjung di website Anda.

Nantinya, Anda akan mendapatkan informasi mengenai data berikut:

  1. Jumlah user yang mengunjungi website Anda secara real time.
  2. Pengelompokan user berdasarkan pada device yang digunakan saat mengakses website.
  3. Pageview per detik dan menit.
  4. Top referral, social traffic, keyword, active pages, locations.

Data tersebut bisa Anda sederhana dengan membuka bagian sub menu di locations, content, event, traffic sources, conversion.

Dengan 2  cara melihat statistik pengunjung website di atas, Anda tidak perlu lagi bingung ya. Apalagi jika saat ini, dana Anda terbatas untuk berlangganan tools seperti Ahref, SEMrush untuk mengecek jumlah pengunjung. 

Share