Tips Menjadi Videografer Untuk Pemula

Tips Menjadi Videografer Untuk Pemula

Saat ini, tidak hanya fotografi yang banyak di minati di negara ini, tetapi videografi juga sangat di minati oleh semua kalangan. Videografi adalah seni dan teknik untuk membuat sebuah video dengan tujuan memberikan informasi dan sebagai alat komunikasi visual. Untuk menjadi seorang videografer yang andal, sebelumnya kamu harus mempelajari beberapa teknik khusus terutama jika kamu adalah seorang videografer pemula. Tips ini juga yang akan menjadikan kamu layaknya seorang videografer profesional pada umumnya, yuk kita bahas beberapa tips berikut:

  1. Memahami Alat Rekam

Sebelum memulai untuk kegiatan videografi, kamu harus mempelajari dan memahami terlebih dahulu alat perekam apa yang akan kamu gunakan, mulai dari kamer DSLR ataupun smartphone. Kamu dapat mencoba untuk membaca buku panduannya terlebih dahulu yang tersedia saat awal kamu membelinya agar kamu dapat lebih memahami cara mengoperasikannya. Beberapa fitur yang lainnya juga dapat kamu pelajari seperti kualitas ISO dan berapa frame per second.

2. Memposisikan Pengambilan Gambar Dengan Baik

Selanjutnya hal yang dapat kamu lakukan adalah memahami teknik pengambilan gambar yang baik dan tentunya menarik untuk siapa pun yang melihatnya. Seorang videografer harus terus bergerak dan berpindah untuk mendapatkan angle yang bagus bagi objeknya.Selain itu, kamu juga dapat merekam objek tersebut melalui beberapa sudut sehingga akan terlihat lebih variatif. Untuk mempelajari bagaimana pengambilan sudut gambar yang baik , kamu dapat melihat tips dan trik mengenai desain video ataupun lainnya di salah satu website Light Blog.

3. Gunakan Pencahayaan Yang Sesuai

Dalam videografi, kamu dituntut dan di haruskan menggunakan komposisi pencahayaan yang sesuai. Dan selalu pastikan bahwa cahaya tidak akan membelakangi objek saat kamu mengambil gambar video sehingga proses perekaman dapat terlihat dengan jelas.

4. Pastikan Suara Terdengar Dengan Jelas

Setelah memiliki kualitas gambar video yang bagus, kamu juga harus mengimbanginya dengan suara/ audio yang bagus pula. Jadi, bukan hanya kualitas gambar yang harus kamu perhatikan tapi suara juga diharuskan baik dan jernih. Kamu juga dapat menggunakan mikrofon yang dipasang pada kamera yang kamu gunakan untuk mengambil gambar.

5. Usahakan Gambar Tetap Stabil

Hal yang selanjutnya perlu kamu perhatikan adalah untuk tetap mengusahakan agar gambar yang kamu ambil tetap stabil dan tidak bergoyang agar para penonton video kamu tidak pusing melihatnya, kamu dapat mencoba mengeditnya di beberapa aplikasi editing video.

6. Mempelajari Editing Video

Setelah selesai merekam video, hal yang selanjutnya dapat kamu pelajari adalah proses editing video. Beberapa potongan-potongan video tersebut dijadikan satu dan gunakanlah beberapa aplikasi edit video seperti Adobe Premiere Pro, Magix Vegas, Final Cut Pro, dan lainnya. Kamu juga dapat melihat beberapa video di youtube mengenai tutorial-tutorial mengedit video.

Nah, beberapa tips di atas mungkin saja dapat membantu kamu untuk mempelajari videografi. Teruslah berkarya dan jangan takut untuk memulai menjadi videografer yang andal!

Share