Teknik Mudah Shot Video Untuk Youtuber Pemula

Teknik Mudah Shot Video Untuk Youtuber Pemula

Videografi merupakan seni untuk merekam sesuatu kejadian dan menggunakan objek untuk menghasilkan sebuah gambar visual yang kemudian akan di lihat oleh banyak orang.

Videografi saat ini banyak sekali digunakan oleh berbagai kalangan untuk berbagai macam kepentingan seperti bisnis, memasarkan produk bahkan menjadi seorang youtubers. Dalam pengambilan shot untuk videografi juga diperlukan beberapa teknik khusus untuk menarik minat penonton dalam akun youtube yang mereka miliki.

Adapun beberapa teknik pengambilan shot videografi yang sangat mudah untuk dilakukan oleh para youtuber pemula adalah:

1.High Angle

Adalah teknik pengambilan shot video dengan menggunakan kamera yang harus lebih tinggi dari objek, tapi tentunya tidak terlalu ekstrim dan mencolok ya. Angle ini merupakan rekomendasi untuk youtuber yang akan mengambil ekspresi wajah yang menonjolkan ekspresi wajah saat berbicara dengan lawan bicaranya di depan kamera, contohnya saat menunjukkan suatu ekspresi yang sedih, senang, marah, atau pun takut.

2.  Low Angle

Posisi ini adalah lawan dari posisi High Angle. Yaitu posisi kamera yang harus lebih rendah dari wajah objeknya. Pengambilan shot video dengan menggunakan Low Angle akan mendapatkan efek lebih menegangkan bagi para penonton video, karena pada angle ini akan lebih terlihat power sih objek dalam video.

3. Frog Eye Angle

Posisi ini biasanya dengan menempatkan kamera pada pemukaan tanah sehingga akan lebih rendah sekali dan dapat memberikan efek puitis, biasanya digunakan untuk meliput atau men shot pada adegan romantis dimana kamera hanya akan merekam tangan sih objek. Frog Eye Angle juga dapat digunakan untuk merekam benda benda mati ataupun tumbuh-tumbuhan sekitar.

4. Long, Medium, Dan Close Up

Tiga jenis angle ini hanya dibedakan dengan jarak pengambilan gambar. Contohnya close up  yang biasa digunakan untuk mengambil gambar bagian muka saja. Sedangkan untuk pengambilan gambar secara keseluruhan biasanya menggunakan medium shot. yaitu merekam objek secara keseluruhan tubuh dalam merekamnya.

5. Hindari Menggunakan zoom

Pada pengambilan video shot, di anjurkan untuk kamu menghindari teknik zoom yang berlebihan. Karena jika terlalu banyak men zoom, akan membuat video terlihat lebih amatir dan membuat penonton jadi lebih pusing.  Teknik zoom pada kamera juga biasanya akan merusak kualitas video yang sudah kamu rekam.

6. Pengambilan Gambar Yang Detail

Teknik yang selanjutnya adalah kamu harus fokus pada hal-hal yang mendetail dan spesifik.  Seperti menunjukkan lokasi, lampu jalan, dan suasana kota tempat kamu men shot video. Hal-hal medasar tersebut akan lebih menambah kesan positif pada video yang akan kamu ambil. Dengan begitu, penonton akan lebih tertarik dan mudah memahami pesan yang kamu sampaikan.

Beberapa teknik di atas dapat kamu lakukan sendiri ketika memulai untuk men shot video yang kamu inginkan, untuk mengedit dan melengkapi video selanjutnya kamu juga dapat menggunakan jasa edit video yang tersedia di beberapa website lain. Semoga bermanfaat ya!

 

Share