Pengertian Mesin Ketik dan Jenisnya

Pengertian Mesin Ketik dan Jenisnya

Seiring dengan perkembangan zaman, banyak orang yang tahu bagaimana cara mudah membuka dm instagram lewat pc. Namun, jika dikaitkan dengan alat yang jadul atau tempo dulu atau alat yang lama seperti mesin ketik, banyak orang yang tidak tahu. Apalagi saat ini, orang terbiasa menulis dengan menggunakan keyboard dan komputer.

Pengertian Mesin Ketik

Mesin ketik atau yang biasanya disebut juga dengan mesin tik adalah alat untuk menuliskan sesuai lewat tombol yang terpasang. Jika tombol tersebut ditekan, maka akan menyebabkan huruf yang ditekan tersebut tercetak pada kertas yang dipasang pada mesin tersebut.

Mesin ketik ini pertama kali ditemukan di tahun 1870 dan setelah itu, banyak penulis profesional dan juga pekerja kantoran yang menggunakannya. Secara global, penggunaan mesin ini memiliki peran yang vital terutama untuk bisnis. Hal ini disebabkan dengan adanya mesin tersebut, Anda tidak perlu lagi menuliskan dokumen dengan secara manual.

Seiring berjalannya waktu, penggunaan mesin tik semakin berkurang sejalan dengan perkembangan komputer. Walaupun saat ini ada mesin tik elektronik, namun, penggunaan komputer masih menjadi pilihan utama terutama untuk pengetikan.

mesin dari mesin tik

Jenis Mesin Ketik

Secara umum, mesin ketik dibedakan berdasarkan pada ukuran dari mesin, huruf dan juga tenaga penggeraknya. Agar lebih jelas, Anda bisa menyimak jenisnya seperti berikut ini:

  •   Berdasarkan UKuran Mesin:
  1.   Portable: ukurannya kecil dan memiliki bobot ringan sehingga mudah untuk dibawa kemana saja. Mesin ini juga sudah dilengkapi dengan tutup yang menyerupai tas kecil.
  2.     Semi standar: ukurannya tidak terlalu besar dan memiliki komponen yang lebih lengkap dibandingkan dengan jenis portable.
  3.       Standar: mesin ini memiliki ukuran yang besar sehingga berat dan susah untuk dipindahkan. Namun, perlengkapannya lebih sempurna dibandingkan 2 jenis sebelumnya.
  •   Berdasarkan ukuran huruf:
  1.       Pica type: mesin ketik ini umumnya dipergunakan untuk membuat karya ilmiah. Huruf yang dipergunakan adalah huruf pica yang ukurannya besar dan setiap 1 inci ketikannya akan menempati 10 hentakan.
  2.     Elite type: mesin ini menggunakan huruf elit yang ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan pica. 1 inci ketikan mesin ini memuat 12 hentakan.
  •   Berdasarkan pada tenaga penggerak:
  1.       Mesin ketik manual: disebut juga dengan mesin ketik tangan dan digerakkan dengan tangan. Mesin jenis inilah yang banyak dipergunakan.
  2.     Mesin ketik listrik: mesin ketik ini dioperasikan dengan menggunakan tenaga listrik namun manusia tetap berperan sebagai pengendalinya.

 Itulah pengertian dan juga jenis dari mesin tik. Semoga informasi ini menambah wawasan Anda ya. 

Share