Masih Sering Tertukar! Ini Dia  Bedanya Pamflet dan Brosur

Masih Sering Tertukar! Ini Dia Bedanya Pamflet dan Brosur

Salah satu hal yang harus diperhatikan saat memulai bisnis atau mengadakan suatu acara yang mengundang banyak massa adalah promosi. Ada berbagai macam jenis promosi. Contonnya lewat media elektronik maupun selebaran untuk mengajak orang lain agar mau ikut kursus kilat mengetahui dan mengatur sistematika bab dan pengaturan page.

Jika menggunakan selebaran, biasanya, promosi dilakukan dengan menggunakan pamphlet dan brosur. Keduanya hampir sama namun berbeda. Untuk tahu bedanya apa, simak informasi berikut ini.

  • Kegunaan dan Tujuan

Berdasarkan pada penggunaannya, pamphlet digunakan untuk menginformasikan sesuatu sehingga bukan untuk kepentingan menjual sesuatu. Sedangkan brosur lebih ke menjual atau untuk soft selling dan hard selling sehingga tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan penjualan sesuatu dengan target.

Dengan adanya brosur, maka audience akan tahu Anda sedang melakukan penjualan apa atau mengiklankan produk apa. Sedangkan pamphlet lebih ke memberikan informasi mengenai kegiatan atau acara yang akan dilakukan oleh perusahaan Anda.

pamflet
pamflet. pic: stocklayouts.com
  • Ukuran

Jika dibandingkan, brosur memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan pamphlet. Ukuran brosur dengan 2 lipat adalah 11” x 17” dan untuk lipat 3, ukurannya adalah 8,5” x 11” ataupun 8,5” x 14”.

Ukuran brosur lipat 2 ini sama saja dengan A4 yang dilipat menjadi 2 sedangkan trifold adalah A4 yang dilipat menjadi 3 dengan ukuran sama besar. Karena ukurannya yang besar tersebut, maka informasi yang tertuang di brosur menjadi lebih banyak.

Sedangkan untuk ukuran pamphlet lebih kecil. Karena itu informasi yang ditulis juga terbatas namun dengan tulisan yang masih bisa dibaca.

  • Jenis Kertas dan Desain

Brosur biasanya lebih memiliki variasi desain dan menggunakan jenis kertas doff ataupun glossy. Tujuannya adalah agar bisa menarik pembaca. Namun, ada juga yang menggunakan kertas matte ataupun art ataupun kertas yang tebal. Sedangkan untuk pamphlet sendiri, desain yang digunakan biasanya lebih sederhana. Umumnya, pamphlet justru hanya menggunakan kertas HVS biasa untuk media cetak dan tidak terlalu memerlukan fancy paper seperti brosur.

  • Harga

Jika dibandingkan berdasarkan harga, brosur jelas memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan pamphlet. Hal tersebut sebanding mengingat brosur membutuhkan banyak desain dan juga fancy paper agar terlihat menarik. Sedangkan pamflet yang menggunakan desain sederhana dan kertas biasa, memiliki harga yang lebih murah.

Itulah perbedaan antara brosur dengan pamflet. Semoga dengan informasi ini Anda bisa memilih media promosi yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda. 

Share