Cara Membuat Webview Di Android Studio

Cara Membuat Webview Di Android Studio

Webview adalah tampilan data pada aplikasi android, atau juga website yang di tampilkan ke dalam aplikasi tersebut. Dalam webview, kamu hanya membutuhkan sebuah link menuju halaman suatu website dan kemudian akan dibuka menggunakan aplikasi smartphone.

Webview akan terlihat bagus jika website atau blog yang kamu miliki telah mendukung semua fitur-fitur yang ada dan juga mendukung tampilan dari multi device.

Aplikasi webview juga hadir dengan semua fitur browser dekstop seperti pengelolaan riwayat, cookie, dukungan HTML5, dan lainnya. Dengan menggunakan webview juga dapat membuat anda terintegrasi dengan aplikasi lainnya.

Saat ini, light blog akan memberikan tips dan cara bagaimana caranya membuat webview menggunakan android studio dan tidak disediakan addres bar untuk menginput lman web. Namun URL akan langsung di definisikan pada project aplikasi android, mari di simak:

  1. Membuka software Android studio dan membuat project baru dengan memilih start a new android studio project.
  2. Setelah itu, masukkan detail project anda seperti nama aplikasi, versisdk.com, lokasi penyimpanan, dan lain sebagainya
  3. Lalu kamu dapat menekan next untuk melanjutkan pada menu “Target Android Devices”.
  4. Kamu dapat memilih versi minimum pada Phone dan Tablet, lalu klik “select the from factors anda minimum SDK”, Kemudian klik next untuk melanjutkan pada Add an Activity to Mobile.
  5. Setelah muncul tampilan baru, pada pilihan Activity kamu dapat memilih dan sebaiknya kamu memilih Empty Activity. Kemudian pilih lagi Next untuk melakukan Configure Activity.
  6. Pada Configure Activity, biarkan default saja yaitu Activity neme ( MainActivity) dan Layout Name ( activity_main). Dan lanjutkan dengan klik Finish.
  7. Tunggulah hingga selesai Building Project dan setelah itu perhatikan default untuk MainActivity.class dan Activity_main.xml dan lihat kembali tampilan source code defaultnya.

Untuk dapat menampilkan URL pada website atau blog kamu, kamu harus melakukan beberapa pengeditan terlebih dahulu. Diantaranya adalah:

  • Androidmanifest.xml yaitu koneksi internet yang dibutuhkan atau pemberian izin pada aplikasi untuk dapat mengakses internet.
  • Build.gradle yaitu script yang harus kamu tambahkan yakni appcompat. Script tersenut harus ditambahkan agar tidak muncul ke eroran pada MainActivity.java.
  • MainActivity.java, kamu harus menyalin dan menimpa seluruh kode pada MainActivity.class. Kamu juga perlu mengetahui beberapa hal di anataranya: Package, private static final string situs, swipe, webview.
  • Activity_main.xml adalah mengedit dan emmasukkan webview yang terletak pada Palette. Dan klik tarik masuk webview pada area project.

Demikian tutorial cara membuat Webview pada android studio, semoga bermanfaat!

Share